PRP (platelet-rich plasma ) Treatment

PRP (platelet-rich plasma ) Treatment

Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa itu Treatment PRP..

Plasma darah kaya trombosit atau biasa yang disebut platelet-rich plasma (PRP) merupakan plasma darah yang telah diperkaya dengan trombosit, treatment ini trobosan baru pada dunia kecantikan dimana treatment ini sangat kaya akan manfaat dan tentu saja treatment ini sangat aman karena menggunakan darah si pasien sendiri untuk dijadikan media untuk mengaplikasikannya (autologus donor).

Platelet/ Trombosit pada manusia mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) dan sitokin yang dapat menstimulasi proses penyembuhan tulang, soft tissue dan dipercayai sebagai anti aging.

Semakin bertambahnya umur seseorang makin banyak pula garis-garis halus dan kerutan yang timbul terutama pada area wajah dan leher, karena Kulit yang cantik, halus dan lembut di tunjang oleh serat kolagen elastin. Seiring pertambahan usia, serat kolagen elastin tersebut akan menurun sehingga kuit akan terlihat kendurdan timbul keriput. dalam treatment PRP ini  Komponen plasma yang mengandung Growth Factor dapat meningkatkan pertumbuhan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka serta meningkatkan elastisitas jaringan kolagen yang memiliki andil besar dalam proses regenerasi sel.

Ada pun manfaat-manfaat dalam treatment PRP ini antara lain :

  1. Kerutan di sekitar mata
  2. Kerutan di area frontal (dahi)
  3. Cekungan garis senyum/ nasolabial yang sulit dilakukan oleh terapi konvensional lain
  4. Kerutan di sekitar bibir
  5. Kerutan di daerah leher
  6. Scar bekas jerawat
  7. Lingkaran hitam sekitar mata & sagging/ sembab di mata

Bagaimana cara kerja PRP Treatment ini ?

Proses pengobatan dengan PRP meliputi pengambilan darah pasien, pemrosesan darah pasien menjadi PRP, dan penyuntikan PRP ke bagian tubuh pasien yang dituju.

Pengambilan Darah

Selanjutnya darah pasien akan diambil sebanyak 30-60 mililiter.

Kemudian, darah tersebut akan dimasukkan ke alat pemutar yang dinamakan centrifuge untuk memisahkan komponen yang ada di dalamnya. Dari sejumlah darah yang diambil di atas, kemudian didapat beberapa milimeter plasma darah kaya trombosit.

Pemisahan Komponen Darah

Pemisahan Komponen Darah

Pasien akan mendapatkan bius lokal sebelum menjalani prosedur suntikan PRP. Cairan PRP disuntikkan di sekitar area yang mengalami masalah kulit (kerutan pada wajah).

Penyuntikan pada area wajah

Penyuntikan pada area wajah

Terapi suntik PRP telah diterapkan sebagai pengobatan untuk menghilangkan keriput atau bekas luka di tangan, leher, dan wajah. Daerah-daerah rawan kerutan seperti di bawah mata dan leher adalah kondisi di mana PRP banyak dilakukan. Selain itu, terapi ini juga digunakan untuk guratan kulit di tempat berlemak dan bekas luka jerawat. Terapi ini juga menarik untuk pasien yang ingin menambah volume atau mengurangi garis-garis halus di wajahnya secara alami.

Terapi ini berbeda dengan terapi pengisian kulit (filler), PRP memperbaiki kecacatan kulit dengan cara memicu pertumbuhan sel-sel baru dan pembentukan kolagen. terapi ini lebih tidak invasif dibandingkan operasi plastik. Terapi PRP juga umumnya tidak menimbulkan reaksi alergi, penolakan, dan infeksi karena berasal dari tubuh pasien itu sendiri.

Share post

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.

WhatsApp chat